Rabu, 13 April 2011

Membangun Kemitraan antara Polri dan Masyarakat


Seiring dengan kemandirian Polri sebagai institusi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, Polri perlu meningkatkan eksensi kerjanya melalui kemitraan antara Polri dan masyarakat.
Menjalin hubungan yang sinergis antara institusi Polri dan masyarakat maka, bisa diharapkan menekan angka kriminalitas yang terjadi di wilayah hukum kerjanya, dapat membangun dan mempererat hubungan Polri dan masyarakat sehingga kedua belah pihak akan mendapatkan informasi secara dini dalam hal gangguan kamtibmas di suatu wilyah serta masyarakat merasa terlindungi.
Siskommas Polsek Metro Cakung adalah salah satu dari unsur kemitraan dibawah pembinaan Polri tingkat Polsek. Siskommas dalam menjalankan kerja dan kegiatannya selaku mitra Polri bekerja secara sosial, sukarela dan tidak menngharapkan imbalan dari kepolisian karena murni beranjak dari rasa kepedulian anggota Siskommas terhadap kebutuhan Kamtibmas di tengah-tengah masyarakat.
Pertimbangan tersebut diatas diambil karena Siskommas sadar betul akan minimnya anggota Polisi yang ada di setiap sektor, sehingga diharapkan bisa membantu aparat kepolisian dalam hal kamtibmas. Dalam menbantu tugas-tugas kepolisian Siskommas di lengkapi dengan : KTA, HT sebagai alat pengubung antara anggota Siskommas dan Polri serta kendaraan Patroli sebagai alat operasional di lapangan.
Anggota Siskommas Metro Cakung yang kurang lebih berjumlah 80 orang adalah merupakan aset Polri yang harus di bina dan di arahkan sehingga anggota Siskommas dalam pelaksanaan tugasnya sebagai mitra Polri akan terarah dan teratur. Sangat disayangkan apabila minat dan kesediaan masyarakat yang telah bergabung dalam mitra Polri ini tidak di dukung oleh para pimpinan Polri. Bisa kita bayangkan seandainya Polri harus mengeluarkan dana dalam pembinaan kemitraan ini saya rasa akan menambah buget dari institusi Polri.
Sedangkan kemitraan seperti Siskommas ini betul-betul murni dari masyarakat yang peduli terhadap Kamtibmas sehingga Polri tidak perlu mengeluarkan anggaran buat rekrutment anggota masyarakat sebagai mitranya, Polri tinggal melakukan pembinaan dan kerja sama yang baik terhadap mitranya tersebut.
Anggaran dan pembiayaan operasional Siskommas di dapat dari iuran bulanan dari anggota Siskommas dan para donatur yang selama ini telah bajalan sejak tahun 1992 hingga sekarang.

Ditulis oleh : Sutrisno 13 C / Admint.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar