Minggu, 10 April 2011

Siapa dan apa Kelompok Sadar Kamtibmas itu ?


Siapa dan apa Kelompok Sadar Kamtibmas itu ?
Sadar Kamtibmas adalah : kondisi, sikap dan perilaku masyarakat yang menunjukan kepeduliannya terhadap masalah-masalah Kamtibmas serta sikap perilaku mentaati norma-norma yang berlaku di lingkungannya.
Jadi siapa Kelompok Sadar Kamtibmas itu ?
Yaitu semua orang atau individu yang peduli terhadap situasi dan kondisi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di lingkungan dimana ia berada.
Kelompok Sadar Kamtibmas adalah: berhimpunnya warga masyarakat dalam suatu kelompok yang terdiri dari 5 (lima) orang atau lebih yang di bina oleh Polri / Bimaspol / Babinkamtibmas yang secara suka rela menyediakan diri untuk ikut membina masyarakat lingkungannya, menjadi individu sadar Kamtibmas.
Untuk memotivasi masyarakat , Kelompok-kelompok Sadar Kamtibmas dapat menggunakan nama-nama kelompok yang di anggap cocok dan serasi serta menjadi suatu kebanggaan pada kelompok tersebut, dengan mempertimbangkan etika, etis dan komunikatif.
Misalnya; Kelompok Anti Kejahatan,  Kelompok Peduli Kamtibmas atau  berbentuk Paguyupan Aman.
Dalam Juklap No.Pol: Juklap/42/XI/1992 secara empiris tidak ditetapkan dalam hal nama dari pada Kelopmpok Sadar Kamtibmas tersebut, sehingga masyarakat bisa menentukan nama yang dianggap cocok dan menjadi suatu kebanggaan pada kelompok itu sendiri sepanjang tidak menyalahi hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia, tidak beraplisiasi pada faham / politik tertentu, sara dan lain-lain.

Disusn oleh : Sutrisno 13 cepu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar